Cincin kawin merupakan cincin pengikat yang melambangkan ikatan dua hati antara Anda dan pasangan. Lambang dimana disana ada janji yang juga sudah Anda dan pasangan sudah buat dan harus ditepati. Artinya, cincin ini akan menjadi barang penting yang tidak hanya harus Anda jaga dengan baik tapi juga harus dipilih baik-baik sebelumnya.

Sebelum pernikahan, banyak pertimbangan yang harus Anda dan pasangan penuhi sebelum memutuskan membeli cincin kawin tersebut.

  • Jangan membeli di waktu yang mepet. Minimal, dalam pengerjaan cincin nikah, toko perhiasan memerlukan waktu hingga 45 hari. Sebaiknya, Anda memesan sekitar 3 bulan sebelum hari H. Kecuali jika Anda tidak ingin menggunakan desain sendiri dan membeli yang sudah ada di toko tersebut.
  • Pemesanan yang dilakukan jauh-jauh bulan juga untuk mengurangi resiko adanya kesalahan desain terutama kesalahan ukuran. Jadi, bila hal ini terjadi bisa langsung diperbaiki tanpa harus takut pengerjaan cincin menghambat.
  • Untuk pembuatan cincin yang menggunakan desain sendiri, sebaiknya desain dengan detail-detail yang tepat. Bisa juga katakan kepada toko perhiasan mengenai keinginan Anda dalam desain tersebut jika desain dibuatkan oleh mereka. Baik Anda dan pasangan juga harus diskusi mengenai pemilihan model atau desain tersebut. Karena, cincin harus pas untuk wanita dan pria. Tidak terlihat seperti cincin wanita jika dipakai pria dan tetap terlihat cincin yang pas untuk membuat jari wanita tampak cantik dengan cincin tersebut.
  • Selain mempertimbangkan kebutuhan desain sesuai dengan selera pria dan wanita tersebut, cincin juga harus dipertimbangkan dengan jenis pekerjaan Anda dan pasangan. Jika Anda dan pasangan kerja kantoran, maka tidak aka nada masalah dengan cincin tersebut. Namun, ketika salah satunya bekerja di lapangan maka dalam pemilihan cincin harus dipertimbangkan materialnya. Pilih yang kuat dengan desain simple saja.
  • Berhubungan dengan material tersebut, Anda pun akan dihadapkan dengan budget. Mahal tidaknya harga cincin yang Anda pesan tergantung pada desain yang diinginkan, jenis emas, serta kadarnya. Jika desainnya simple dan kadarnya biasa maka harga bisa lebih murah dari budget yang Anda disiapkan. Namun, Anda tetap membutuhkan dana lebih dari budget tersebut untuk jaga-jaga jika ukuran cincin masih harus diperbaiki dan harus menambah biaya lagi.

Baca : Permudah acara pernikahan anda dengan Wedding Organizer

  • Agama dan syariatnya juga tidak boleh Anda abaikan. Karena dalam Islam pria tidak diperbolehkan mengenakan perhiasan atau emas, sebaiknya Anda dan pasangan memilih cincin perak. Bisa juga sebagai wanita Anda memilih yang emas dan pria yang perak dengan model cincin yang sama. Agar tidak membuat Anda dan pasangan cemas desain yang diminta tidak sama, maka tetap pilih membuatnya di toko yang sama. Hanya saja, untuk permintaan materialnya dibedakan.
  • Membuat cincin hanya satu juga tidak masalah. Hal ini jika pasangan pria yang cenderung ceroboh memintanya. Anda tetap bisa memesan satu cincin tersebut dari toko perhiasan sesuai desain sendiri atau membeli yang sudah ada agar harganya bisa lebih murah.
  • Selain Anda rajin mencari-cari referensi untuk desain cincin tersebut, Anda juga harus rajin memperhatikan harga emas saat ini. Membeli di saat harga emas turun akan membuat budget Anda lebih hemat. Namun, jangan berpikir mahal pun tidak apa-apa karena bisa dijadikan investasi. Cincin pengikat suci ini bukan barang investasi yang bisa Anda jual begitu saja ketika harga emas naik nanti. Cincin ini cincin seumur hidup yang harus Anda jaga agar jangan sampai hilang apalagi dijual.